Pengertian, Karakteristik, dan Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah (KTI) Lengkap

Menurut Eko Susilo M, Karya Ilmiah merupakan suatu tulisan ataupun karangan yang didapatkan sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari dari berbagai hasil pengamatan, penelitian, dan peninjauan terhadap ilmu tertentu, yang disusun dengan menggunakan metode tertentu dengan memperhatikan sistematika penulisan yang baik dan santun, serta dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya.


Dalam buku Menulis Karya Ilmiah, Karya ilmiah (Scientific paper atau academic writing) adalah tulisan yang disusun dengan metode ilmiah dan menyajikan gagasan, ide-ide, pemikiran yang dituangkan secara sistematis menggunakan unsur-unsur yang telah diatur menurut kaidah tertentu

Karakteristik Karya Ilmiah
Ada beberapa karakteristik atau ciri yang membedakan karya ilmiah dengan karya non-ilmiah. Berikut karakteristik karya ilmiah:

  1. Objektif, setiap informasi dalam kerangka ilmiah harus faktual, yaitu menyajikan fakta sebenarnya dan konkrit. 
  2. Pembahasan masalah harus mengacu pada kerangka pemikiran atau teori. Karya ilmiah bersifat netral, tidak melibatkan aspek perasaan/emosi penulis. Setiap pernyataan, uraian, atau simpulan  dalam karya ilmiah tidak emosional, argumentatif, tidak persuasif, tidak melebih-lebihkan sesuatu.
  3. Rasional, penulis harus menonjolkan pikiran yang logis. Karya tulis dikatakan logis apabila data, argumen, penjelasan yang dikemukakan diterima oleh akal sehat. Objektifitas dan kelengkapan data merupakan sesuatu yang sangat penting untuk menambah kepercayaan pembaca.
  4. Kelugasan  diperlukan untuk menghindari keambiguan kata-kata yang digunakan. Karya ilmiah mensyaratkan ragam bahasa yang memberikan kepastian makna. Dengan kata lain, bahasa yang digunakan harus reproduktif. Menggunakan bahasa yang efektif, baku, dan tidak bermakna ganda.
  5. Sistematis, setiap permasalahan yang dibahas diuraikan secara teratur, dan tidak tumpang tindih sesuai ketentuan yang berlaku.
Jenis-Jenis Karya Ilmiah
Berikut beberapa jenis karya tulis ilmiah yang umum dibuat:

Sumber: Jurnal Blog

1. Makalah
Merupakan karya ilmiah yang berisi pembahasan sebuah masalah berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris dan objektif.
2. Proposal Penelitian
Proposal penelitian dibuat untuk mengajukan penelitian yang akan dilakukan. Karya ilmiah ini biasanya dibuat oleh mahasiswa sebelum mulai menyusun skripsi, tesis, atau disertasi. Berikut contoh proposal penelitian dapat dilihat DISINI.
3. Laporan Penelitian
Karya ilmiah yang berisi hasil dari suatu kegiatan penelitian. Biasanya dibuat setelah melakukan penelitian.
4. Jurnal Penelitian
Merupakan karya ilmiah yang berisi suatu penelitian dan resensi buku.
5. Skripsi
Merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa S1 untuk mendapat gelar Sarjana.
6. Tesis
Merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa S2 untuk mendapat gelar Master.
7. Disertasi
Merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa S3 untuk mendapat gelar Doktor.
8. Laporan Kasus
Merupakan karya ilmiah mengenai kasus-kasus yang ada dan dilandasi dengan teori.
9.Kabilitasi
Merupakan karya ilmiah yang dikerjakan sarjana Departemen Pendidikan Nasional untuk bahan kuliah.

Semoga bermanfaat ..

Sumber :
1. Kisworo & Sofana, Menulis Karya Ilmiah, Penerbit Informatika.

5 Responses to "Pengertian, Karakteristik, dan Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah (KTI) Lengkap"

  1. Waduh ada skripsi juga hehehe. Jadi ingat dulu waktu SMK pernah buat karya tulis ilmiah, lupa sih tentang apa tetapi emang ngebuat itu bener bener ngga mudah. Butuh data dan tentu saja semuanya berdasarkan fakta bukan opini saja.

    ReplyDelete
  2. iya kak memang dibutuhkan belajar dan tekun mengasah kemampuan membuat KTI supaya KTI yang kita buat bagus

    ReplyDelete
  3. Menurut saya, ngeblog juga bentuk karya ilmiah yang lebih santai, terutama dari penyajian bahasanya, tetap harus ada sistematika penulisan juga, kalau copas harus dicantumkan sumbernyam kaidah bahasa diperhatikan & tidak disingkat. Nice info

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel