Mau Mudik?? 8+ Aplikasi dan Situs Pantau Arus Mudik dan Arus Balik



Detik.Com

Kemacetan Panjang
Tribun Jateng/Budi Susanto


Mudik ke kampung halaman mengharuskan pemudik mempersiapkan segala hal dengan lengkap. Bagaimana tidak, dalam arus mudik pemudik diharuskan siap untuk menghadapi segala macam situasi. Entah itu cuaca, macet, kendala pada kendaraan hingga persiapan fisik. Salah satu yang membuat terhambatnya mudik yaitu macet. Siapa sih yang ga kesal dengan kondisi yang terjebak macet?. Macet pasti membuat pusing kalian.
Macet panjang dan ‘parah’ terjadi saat menjelang liburan panjang di akhir pekan ini. Tentu sangat tidak nyaman jika sudah terjebak di dalam kemacetan. Sebenarnya bisa saja hal itu diantisipasi sebelumnya. Apalagi nanti ketika arus balik liburan. Caranya dengan  memanfaatkan beberapa aplikasi smartphone.


Gambar terkait

Berikut aplikasi dan situs pemantau situasi arus mudik dan kemacetan :

1. Waze

Aplikasi ini tentu sudah familiar. Terutama bagi kalian yang sering menghadapi kemacetan, menghindari polisi, atau


Hasil gambar untuk waze icon terbaru

Anda dapat berbagi informasi real-time mengenai kondisi lalu lintas dan struktur jalan hanya dengan berkendara sambil membuka Waze di perangkat. Saat menggunakan Waze, Anda juga dapat secara aktif melaporkan kepada komunitas tentang lalu lintas, kecelakaan, keberadaan polisi, jalan yang ditutup, kondisi cuaca, dan banyak lagi. Waze menyediakan rute optimal ke tujuan mudik kalian. So pasti aplikasi ini cocok buat kalian yang mau mudik.

Berikut gambar fitur waze :

Hasil gambar untuk fitur waze


Informasi tersebut merupakan fitur-fitur unggulan yang ada di Waze untuk memperlancar mudik anda. Kalian bisa download aplikasi waze DISINI.

2. Google Maps

Pasti dong diantara kalian ga asing lagi dengan yang namanya Google Maps.
Gambar terkait
Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda, atau angkutan umum.Baru-baru ini Google telah meluncurkan fitur baru yang dibenamkan pada Google Maps, Yaitu Maps GL. Menurut Google, mereka telah membuat ulang Google Maps dari awal. Maps yang disempurnakan ini memberikan kinerja yang lebih baik, grafis 3D yang lebih kaya, transisi halus antara citra, rotasi tampilan 45°, akses yang lebih mudah ke Street View, dan beberapa fitur lain.



Hasil gambar untuk fitur google maps
Informasi tersebut merupakan tampilan Google Maps dan Fitur-Fitur pendukungnya.


3. NTMC Mudik

NTMC Mudik merupakan aplikasi yang dirilis oleh Korlantas Mabes POLRIyang telah membantu perjalanan pemudik sejak Lebaran tahun 2018. Dalam aplikasi ini pengguna bisa mengakses informasi penting seperti titik kemacetan, lokasi SPBU, rest area, dan masih banyak lagi.
Screenshoot/Play Store
Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan tambahan lainnya dari NTMC TV, Jasa Marga, Jasa Raharja dan informasi dari POLRI. Kalian bisa unduh NTMC Mudik DISINI


4. Jasamarga Live

Aplikasi yang dikelola oleh jasamarga ini menyediakan informasi jalan tol. Memiliki fitur sebagai berikut :
  • Streaming cctv
  • informasi lalu lintas
  • peta traffic
  • call us, dll
Kalian bisa download Jasamarga live DISINI

5. Situs infomudik.go.id

Situs  infomudik.go.id memberikan informasi lengkap jalan nasional non tol maupun tol di seluruh Indonesia, berita mudik dan info-info penting untuk pemudik.

Informasi penting berhubungan dengan perjalanan mudik diberikan di situs ini.


6. Situs rrtmc.dephub.go.id

Situs web ini dikelola oleh kementrian perhubungan yang disediakan untuk para pemudik. Fitur unggulan dari situs ini yaitu CCTV pemantau lalu lintas, Info jalur mudik, nomor penting (Emergency Call), dll.

Langsung aja diklik situsnya ya guys.


7. Aplikasi MAXstream

Telkomsel, yang bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), menghadirkan Live-Streaming 50 CCTV di Jalur Mudik dalam saluran Mudik Hepi 2019 di aplikasi MAXstream, yang dapat diakses dari tanggal 27 Mei 2019 hingga 26 Juni 2019 (Detik.Com).

MAXStream Sediakan Layanan Pantau Arus Mudik Langsung dari CCTV

Saluran Mudik Hepi 2019 di MAXstream di antaranya menghadirkan pantauan keadaan jalur mudik melalui 50 CCTV Korlantas yang terletak di berbagai titik keramaian termasuk Pelabuhan Merak, Bakauheni, hingga Ketapang, dan lain-lain. Cek langsung  di sini. Jadi bagi kalian yang udah punya aplikasinya gausah ribet download aplikasi lainnya.




8. Travoy

Aplikasi bentukan Smartek Sistem Indonesia ini menawarkan kemudahan bagi anda para pemudik yang melalui jalan tol, agar dapat merencanakan mudik dengan baik. Di fitur aplikasi ini  bisa dilihat seberapa banyak orang yang akan mudik pada hari yang kita pilih. Untuk download klik DISINI

Sebuah kelebihan dari aplikasi lain yang bisa memprediksi lalu lintas mudik, dapat memesan makanan saat lapar kemudian mengambilnya di rest area terdekat, dan fitur-fitur unggulan lainnya yang membuat mudik anda terasa menyenangkan.



Semoga bermanfaat...

0 Response to "Mau Mudik?? 8+ Aplikasi dan Situs Pantau Arus Mudik dan Arus Balik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel