Panduan Blogging Pemula: Panduan Ngeblog Bagi Pemula yang Ingin Menghasilkan Uang

Bagi anda yang benar-benar baru dalam dunia blogging, anda mungkin merasa kebingungan dalam menentukan titik awal proses belajar anda, apa yang harus dilakukan di dalam dunia blogging. Kebingungan ini pasti dirasakan siapapun yang memulai peruntungan di dunia blog termasuk saya.

Ketertarikan dalam dunia kepenulisan menjadikan saya selalu ingin mengembangkan minat saya ini. Blog menurut saya platform tepat untuk mengembangkan minat saya. Peluang sukses dari blog sangat terbuka lebar dibuktikan dari data jumlah blogger di Indonesia hanya 3,5 persen dari 88,1 juta pengguna internet di Tanah Air. Hal inilah yang membuat saya terus belajar dan menekuni dunia blogging. 

Sumber : Medium.com
Banyak diantara kita sudah merasa puas di saat bisa membuat blog dan mendesain template sendiri dengan cara mengambil yang versi gratisan. Namun inti dari blogging tidak terpacu dari itu, kita harus sering mendapatkan informasi mengenai blogger untuk perkembangan blogger kita. Disini saya akan bongkar bagaimana membuat blog yang benar dan menghasilkan.

Baca Juga : Yuk Mengenal Blogging! Belajar Semua Tentang Blog [Pengertian Blog, Jenis Blog, Memulai Membuat Blog Gratis!]

Apa saja yang akan dipelajari untuk membuat blog ? Secara garis besar terdapat 6 poin untuk memulai membuat blog. Yuk simak apa saja hal-hal yang dipelajari untuk membuat blog.

Panduan Ngeblog Bagi Pemula yang Ingin Menghasilkan Uang


Sumber : Kudo.co.id
1. Tentukan Tujuan Anda
Menentukan tujuan membuat blog merupakan bagian penting untuk memulai blogging. "Mengapa saya harus membuat blog ?". Pertanyaan seperti ini harus kalian cermati dan coba tanyakan pada diri sendiri. Apapun tujuan membuat blog nantinya akan menjadi tolak ukur dan motivasi sobat untuk konsisten ngeblog.

Ibarat nih ya kalian hidup tapi tanpa tujuan kan hidup kita jadi hambar, iya kan.. Jika kita menentukan tujuan hidup maka kita bisa menentukan target-target dan bisa mengeluarkan semua potensi untuk mencapai target kita, begitu pula dengan ngeblog. Jika kalian sudah menentukan tujuan pastinya bakal gampang bagi kalian untuk konsisten ngeblog.

Dari beberapa tujuan blogger ngeblog yang saya tahu antara lain contohnya: mencari uang, untuk curhat, menyalurkan hobi, hingga mengembangkan bakat menulis.

2. Menentukan Topik Blog (Niche)
Pilihlah topik yang benar-benar kalian kuasai dan kalian minati yang sesuai dengan hobi sobat. Salah memilih topik akan menyebabkan blog anda susah berkembang. Ini sering dialami oleh banyak blogger pemula sehingga mereka harus mengulang lagi dari nol.

Memang agak sulit untuk menentukan dan membahas satu topik dalam blog, namun sobat jangan khawatir karena dengan membuat blog fokus satu topik akan membawa banyak manfaat bagi kalian. Salah satunya peningkatan kualitas dan trafik kunjungan di blog kalian.

Contoh topik blog laris yang bisa menjadi inspirasi kalian : niche teknologi, kesehatan, fashion, otomotif, dan lain sebagainya.

3. Memilih Platform Blog yang Tepat Untuk Anda
Banyak sekali tempat ngeblog gratis yang dapat kalian gunakan. Platform yang sering digunakan para blogger untuk aktifitas ngeblognya antara lain: Blogger.com, WordPress.com, WordPress.org, Tumblr.com, dan lain sebagainya.

Kebanyakan blogger memilih layanan Blogger.com untuk melakukan aktivitas ngeblognya karena memang mudah untuk digunakan juga membuat tampilan blog anda keren. Tutorial blogging di Blogger.com bisa kalian baca DISINI.

4. Mulai Membuat Artikel Blog
Setelah mempunyai blog mulailah untuk membuat artikel blog. Untuk menciptakan artikel yang bagus kalian jangan terlalu stress untuk berfikir dan menuangkannya dalam tulisan. Sobat bisa mencari inspirasi dari literatur buku, blog lain, maupun mencari ide dengan cara riset kata kunci.

Hal yang biasanya saya lakukan ketika kehabisan ide adalah membuka aplikasi Keyword Tool App kemudian mengetik kata kunci niche blog dan dari situlah akan mendapatkan banyak sekali topik artikel yang bisa dibahas.

5. Update Artikel Setiap Hari
Pada tahap ini adalah hal tersulit bagi seorang Blogger termasuk saya, tapi sulit tidak membuat saya berhenti untuk menulis artikel. Kalian hanya perlu update 1 artikel setiap hari dan kalau bisa sebaiknya 2, namun pada saat menulis artikel jangan terlalu memaksa untuk menciptakan artikel karena sobat perlu istirahat.

Sobat bisa membuat artikel dengan jumlah kata minimal 300 kata sampai 500 kata dengan memperhatikan kualitas konten kalian. Dengan rutin update artikel bisa membuat artikel sobat cepat berkembang.

Keuntungan lainnya yang bisa didapat dengan update artikel yaitu bisa meningkatkan kosa kata, meningkatkan pengetahuan blogger, otak bisa berpikir dengan cepat, dan manfaat bagus lainnya.

6. Mendaftarkan Blog ke Google AdSense
Kebanyakan tujuan blogger ngeblog yakni untuk mendapatkan penghasilan dari blogging dan salah satu cara mendapatkan uang dari blogging yaitu dengan cara mendaftarkan ke Google AdSense. Sama halnya dengan youtube, blog juga dapat didaftarkan ke Google Adsense.

Pendapatan blogger akan diperoleh dari jumlah perklik viewer blog anda. Oleh karena itu, update artikel dan teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan pendapatan sobat dari blog. Jika kalian memiliki banyak visitor maka akan sobat akan dengan mudah menghasilkan uang.

Itu adalah panduan ngeblog untuk pemula yang ingin mencoba mendapatkan penghasilan dari blog. Jika kalian mengikuti informasi terbaru nanti akan menjadikan sobat lebih paham dan mendapat inspirasi juga membuat blog kalian lebih cepat berkembang dan sukses.

Masih 6 dasar yang baru saya bagikan, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan dan informasi. Apabila masih ada yang kurang jelas bisa ditanyakan langsung melalui kolom komentar. Nantikan informasi menarik lainnya seputar dunia blog dan teknologi.

8 Responses to "Panduan Blogging Pemula: Panduan Ngeblog Bagi Pemula yang Ingin Menghasilkan Uang"

  1. Yap seorang blogger yang memiliki tujuan untuk mendapatkan uang dari blog juga harus tahu bahwa uang tidak secara instan di dapat, ngeblog tidak seperti berdagang, butuh waktu yang tidak singkat untuk membuat blog menghasilkan.

    ReplyDelete
  2. Wahh kerennn!
    Blognya sangat menginspirasi
    Jadi pengen bikin juga:3

    ReplyDelete
  3. pengen dapet uang itu bagus. tapi buat blogger pemula yang orientasinya lebih ke uang uang dan uang doang tuh ngliatnya sedih... ga fokus negmbangin skill nulis malah cari trik2 untuk dpt uang secara singkat mulu :(

    ReplyDelete
  4. Untuk yang pemula banget sih sarannya jangan langsung terfokus ke uangnya dulu. Fokus ke kontennya aja dulu, ntar berproses pasti lambat laut bisa kok

    ReplyDelete
  5. Bagus sekali bro saya juga seorang blogger yang ingin meraih kesuksesan

    ReplyDelete
  6. The worst part of it was that the software only worked intermittently and the data was not accurate. You obviously canot confront anyone about what you have discovered if the information is not right. agen judi bola

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel