Yuk Mengenal Blogging! Belajar Semua Tentang Blog [Pengertian Blog, Jenis Blog, Memulai Membuat Blog Gratis!]

Blog merupakan singkatan dari web blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan -tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan tersebut seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu kemudian diikuti isi yang lebih lama. Meskipun tidak selamanya demikian.

Sumber: Baba Studio
Situs web seperti itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Menurut Computer Glossary of Terms, Sebuah blog pada dasarnya merupakan sebuah jurnal yang tersedia di internet. Aktivitas yang dilakukan pada blog disebut "Blogging", sedangkan orang yang melakukan aktivitas blogging disebut "Blogger".

Kesimpulannya yang dinamakan blog yaitu tempat atau media yang berisi tulisan-tulisan yang berfungsi untuk catatan pribadi, tempat berbagi opini dan informasi, untuk keperluan politik, maupun keperluan bisnis.

Jenis-Jenis Blog
Ada beberapa jenis blog yang dapat kalian jadikan inspirasi untuk memulai blogging. Jenis-jenis blog ini dapat digunakan sebagai media informasi di internet.



Berikut beberapa jenis blog yang sering digunakan yaitu :

  • Free Blog (Blog Gratis)
Platform dimana kalian bisa membuat blog gratis. Kalian akan disediakan tempat untuk menciptakan artikel secara gratis. Tempat gratis untuk membuat blog antara lain blogspot/blogger dan wordpress. Kebanyakan blogger menggunakan tempat ini untuk melakukan aktivitas blogging.


  • Citizen Journalism Blog
Model blog ini pada dasarnya merupakan blog gratis sama seperti free blog, namun di citizen journalism blog lebih ke penyampaian informasi berita dari dan untuk masyarakat.

  •  Self-Hosting Blog
Blog ini mengandalkan pengelolaan/hosting pribadi maupun hosting sewaan. Keunggulan dari model blog ini adalah kebebasan berekspresi untuk mengelola blog daripada blog gratis. Sumber

Definisi Artikel Blog
Artikel dalam "The America Heritage Desk Dictionary" merupakan bagian tulisan nonfiksi berbentuk bebas, bagian dari penerbitan seperti laporan esai. Untuk membangun sebuah blog dan mengembangkannya dibutuhkan artikel.

Artikel ibarat pondasi dari blog, apabila kalian membuat banyak artikel dalam blog tersebut maka semakin kuat posisi blog anda berada di "puncak pencarian google".  Dengan membuat artikel menjadikan blog kalian semakin diminati oleh banyak orang dengan syarat buatlah artikel dengan kemasan yang menarik, sarat akan informasi, ilmu pengetahuan, dan bermanfaat bagi sesama.

Mengapa Membuat Blog itu Menarik?
Menurut saya blog merupakan tempat yang sangat tepat untuk mengembangkan kemampuan menulis juga untuk berbagi informasi, berita, hingga ilmu pengetahuan. Sebagian orang juga menjadikan aktivitas blogging untuk menambah penghasilan mereka. Hingga banyak alasan lain kenapa orang suka blogging seperti iseng, mengisi kekosongan, menyalurkan hobi dan lain-lain.

Membuat blog tidak membutuhkan kemampuan teknis terlalu banyak. Hanya saja kalian harus memperhatikan apa yang kalian tulis. Kita tidak boleh sembarangan untuk menulis artikel blog karena artikel kita akan di publish dan dilihat oleh banyak orang. Supaya tidak asal-asalan maka perbanyak literatur buku, jurnal, maupun internet.

Cara Membuat Blog Gratis
Adapun langkah-langkah membuat Blog sebagai berikut:

  1. Silahkan Anda Kunjungi http://blogger.com. Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang di host oleh Google berada dibawah subdomain.blogspot.com.
  2. Kemudian lihat di kanan bawah, ubah bahasa menjadi bahasa Indonesia agar lebih mudah.
  3. Masuk/login menggunakan username/nama pengguna serta password gmail Anda (akun email anda bisa juga untuk login ke blogger). Isilah formulir data Anda yang terlampir.
  4. Klik tanda panah bertuliskan Lanjutkan, kemudia klik Blog Baru.
  5. Selanjutnya isi formulir data blog Anda pada form yang disediakan seperti gambar dibawah. Isi judul blog, alamat yang akan digunakan dan pilihlah template atau tema yang akan digunakan
  6. Lanjutkan dengan  mengklik tombol Buat blog!
  7. Sampai tahap ini blog Anda sudah berhasil dibuat, namun untuk menghindari anggapan spam oleh Google sebaiknya Anda membuat artikel, minimal 1 postingan.
  8. Klik tulisan Entri Baru di Pojok Kiri Atas,
  9. Isi judul dan artikel yang ingin Anda post-kan di blog.
  10. Setelah tulisan Anda selesai lalu klik pratinjau untuk melihat hasil sementara, jika sudah sesuai maka klik publikasikan. Selesai, selamat Anda sekarang sudah memiliki blog.
Sumber: Buku Cara Benar dan Teruji Belajar Google Adsense

Mulailah Untuk Membuat Blog!
Banyak sekali manfaat membuat blog mulai dari bisa mengembangkan diri dan kemampuan, menyalurkan hobi, menambah penghasilan, dan lain-lain. Untuk memulai blogging kalian harus mencintai terlebih dahulu dan minat terhadap kepenulisan karena dengan begitu kalian akan konsisten ngeblog dan mempercepat peningkatan viewer blog kalian. Oh iya jangan lupa untuk menentukan tujuan kalian ya dalam blogging.

Jadi.. Tunggu apa lagi yuk membuat blog!..

1 Response to "Yuk Mengenal Blogging! Belajar Semua Tentang Blog [Pengertian Blog, Jenis Blog, Memulai Membuat Blog Gratis!]"

  1. Keren. Komplit! Dimulai menjelaskan blogging sampai jenis-jenis blognya dijelaskan dengan lugas

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel