Apa Itu Teknologi Informasi ? Berikut Pengertian, Tujuan, Manfaat, Komponen, dan Contohnya

Teknologi informasi (TI), merupakan suatu alat yang dapat memberikan suatu informasi kepada penggunanya untuk memperoleh data atau informasi yang dapat mendukung ketepatan dalam mengambil keputusan dengan menggunakan teknologi yang tepat guna.

Dengan pemanfaatan teknologi informasi manusia dapat dengan mudah mengakses pintu informasi di berbagai platform media sosial. Teknologi informasi saat ini memiliki pengaruh yang sangat luar biasa di segala aspek kehidupan. Adanya teknologi informasi sangat membantu untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber : Rumahdewi.com
Teknologi Informasi sangat erat hubungannya dengan dunia internet. Dilansir dari laman Republika Online Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informasi bidang Komunikasi dan Media Massa Gun Gun Siswadi menuturkan "Pada 2016, pengguna internet masih 132 juta, sementara pada 2017 sudah 143 juta". Meningkatnya pengguna internet dikarenakan keinginan masyarakat untuk memperoleh informasi secepat-cepatnya. Hal ini membuktikan bahwa teknologi informasi sangat dibutuhkan oleh manusia.

Untuk mengetahui lebih dalam mari kita bahas apa itu teknologi informasi. Menurut KBBI, Teknologi merupakan keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Sedangkan, Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.

Dari pengertian kedua kata tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian Teknologi informasi merupakan sarana apapun yang membantu manusia untuk membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

Baca Juga : Inilah Dampak Positif dan Negatif Smartphone Android Bagi Pengguna

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli
Para ahli telah mengemukakan pendapatnya mengenai teknologi informasi. Berikut pengertian teknologi informasi menurut pakar komputer :

Sumber : Jagad.id
  1. Haag dan Keen (1996)

    Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  2. Martin (1999)

    Pengertian teknologi informasi menurut Martin adalah teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.
  3. Williams dan Sawyer (2003)

    Pengertian teknologi informasi menurut Williams dan Sawyer adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
  4. Oxford English Dictionary (OED)

    Pengertian teknologi informasi menurut Oxford English Dictionary adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha.
  5. ITTA (Information Technology Association of America)

    Pengertian teknologi informasi menurut ITTA adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer.
  6. Lucas (2000)

    Pengertian teknologi informasi menurut Lucas adalah segala bentuk teknologi yang dapat diterapkan untuk mengirimkan sebuah informasi melalui media elektronik.
  7. Mc. Keown (2001)

    Pengertian teknologi informasi menurut Mc. Keown adalah mengacu pada semua bentuk teknologi yang digunakan untuk bisa menciptakan, menyimpan, mengubah, dan juga menggunakan informasi tersebut dalam semua bentuknya.
  8. Kenneth C. Loudon (2004)

    Pengertian teknologi informasi menurut Kenneth C. Loudon adalah salah satu alat yang digunakan para manajer untuk bisa mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam masalah ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang telah di proses dan dilaksanakan penyimpanan sebelumnya di dalam komputer.
  9. Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins (2005)

    Pengertian teknologi informasi menurut Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins adalah kombinasi dari teknologi komputer yang tersusun dari perangkat keras dan perangkat lunak untuk memproses dan juga menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melakukan distribusi informasi.
  10. Kamus Oxford (1995)

    Pengertian teknologi informasi menurut Kamus Oxford adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.
Tujuan Teknologi Informasi
Adanya teknologi informasi bertujuan untuk mempermudah manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi dengan cara yang lebih cepat, efisien, dan praktis.

Manfaat Teknologi Informasi
Hadirnya teknologi informasi memberikan banyak manfaat dalam segala aspek kehidupan. Berikut manfaat teknologi informasi.

Sumber : monsterar.net

1. Aspek Pendidikan

Teknologi informasi dalam pendidikan berperan sebagai penghubung dalam pelaksanaan transfer ilmu pengetahuan tanpa sama sekali menghilangkan model awal pembelajaran yang berlangsung secara tatap muka di dalam kelas. TI berperan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

2. Aspek Sosial-budaya
Masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi, menjalin hubungan dengan orang yang jauh. Segala macam informasi mengenai hubungan timbal balik antar masyarakat mudah diakses dengan adanya teknologi informasi. 

3. Aspek Ekonomi
Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan yang signifikan dalam dunia bisnis. Ada berbagai macam sistem informasi dengan menggunakan teknologi informasi yang muncul, antara lain pemrosesan informasi data, pengaturan informasi data, perhitungan data-data, dan sistem lainnya sehingga mempermudah manusia dalam kegiatan ekonomi. Sistem informasi mempermudah untuk mengembangkan industri dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi.

4. Aspek Pertahanan dan Keamanan
Dengan menggunakan teknologi informasi membawa dampak positif berupa peningkatan pertahanan dan keamanan. Teknologi informasi dapat mempercepat penyampaian informasi sehingga dapat mempercepat pengambilan keputusan, memantau kondisi pertahanan negara, hingga untuk mencegah ancaman dari luar.

Komponen Teknologi Informasi 
Komponen-komponen teknologi informasi sebagai berikut:
  • Hardware
  • Software
  • Brainware (kecerdasan yang ada pada manusia/user)
  • Data, Informasi, dan Pengetahuan
Contoh Teknologi Informasi
Contoh teknologi informasi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti : Televisi, Komputer, Laptop, Handphone, dan lain-lainnya.

Dampak Positif dan Negatif Adanya Teknologi Informasi
Kehadiran teknologi informasi bak pisau bermata dua, yaitu dapat dimanfaatkan untuk kegiatan positif maupun negatif. Berikut ini dampak positif dan negatif adanya teknologi informasi :

Dampak Positif
1. Mudah untuk mendapatkan informasi,
2. Memudahkan komunikasi antar individu,
3. Mendukung kemajuan di segala aspek kehidupan,
4. Mempercepat update informasi terbaru,
5. Mempercepat proses pengiriman data-data,
6. Sebagai tempat untuk mengelola bisnis, dll

Dampak Negatif
1. Terjadinya berbagai kejahatan di sosial media seperti Cyber bullying,
2. Kemudahan akses konten-konten pornografi,
3. Sikap individualisme, dll

14 Responses to "Apa Itu Teknologi Informasi ? Berikut Pengertian, Tujuan, Manfaat, Komponen, dan Contohnya "

  1. Artikelnya sangat informatif dan bermanfaat, ditambah penjelasannya yang lengkap dari berbagai referensi. Semakin menambah wawasan saya mengenai Teknologi Informasi. Terima kasih banyak admin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah gan.. sama sama gan semoga menambah informasi agan mengenai dunia teknologi

      Delete
  2. bagus infonya kak jadi terbantu gua

    ReplyDelete
  3. Teknologi memang sudah semakin berkembang dan itu sangat memudahkan kita dalam mencari sebuah informasi. Media cetak seperti koran saja sudah hampir tersingkirkan dengan adanya informasi yang bisa didapat secara online. Berita online bisa update setiap detik, koran harus menunggu keesokan harinya untuk bisa di edit dan di cetak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang bukan hanya koran media lain yang tersingkirkan contohnya aja radio

      Delete
  4. Hmmm mantap gan pembahasan nya sangat lengkap, terus juga mengingatkan ane ama pelajaran di sekolah

    ReplyDelete
  5. Deskripsinya mantul gan..

    ReplyDelete
  6. Sangat membatu gan artikelnya trimakasih gan

    ReplyDelete
  7. Sangat membatu gan artikelnya trimakasih gan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel