6 Tips Mudah Optimasi Toko di Instagram [Strategi Tepat Jualan Online]

Instagram menjadi media sosial paling banyak digemari untuk mempromosikan barang maupun jasa. Hal ini dikarenakan jualan di instagram sangat menguntungkan karena online shop kita akan dikenal hingga ke seluruh dunia. Teknik optimasi dan keterampilan kita dibutuhkan untuk mengoptimalkan penjualan di (IG). Memang kita bisa menggunakan cara instan dengan cara membeli follower, endorse dan entah apalah itu caranya. Namun, jika kita memulai dengan strategi promosi yang tepat tentunya penghasilan yang didapatkan juga akan optimal.


Strategi optimasi dibutuhkan untuk menarik lebih banyak pengunjung. Pastinya jika pengunjung banyak dan follower bertambah nantinya akan berimbas pada peluang closing kita. Sehingga dapat menambah pendapatan kita. Mungkin kalian pernah berpikir seperti ini "Saya mau menyerah untuk mengelola bisnis di instagram ini karena percuma saya kalah saing dengan akun yang sudah besar followers nya".

Buanglah pikiran seperti itu karena jika kalian mencoba dengan strategi yang tidak asal-asalan pasti online shop kalian akan laku. Sebenarnya masih banyak tempat lain untuk mengelola online shop kalian seperti (Facebook, Twitter, Blog, Line, dll). Tapi kali ini saya akan membahas "Optimasi Instagram" terlebih dahulu karena kebanyakan pemilik olshop lebih percaya di platform instagram.

Screenshoot Follower Instagram


Berikut ini adalah strategi tepat dan terbukti yang dapat kita lakukan untuk membuat online shop kita ramai. Cara ini sudah saya lakukan beberapa bulan ini dan terbukti sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Disamping trik ini dibutuhkan ketelatenan ya untuk mengelola instagram.  Langsung aja ya saya berikan tips-tips optimasi instagram.


6 Tips Optimasi Online Shop di Instagram

Hasil gambar untuk instagram terbaru
Sumber : Detikgadget

1. Daftarkan Akun Instagram ke Profil Bisnis
Hal yang paling dasar untuk meningkatkan penjualan di instagram yaitu mendaftarkan akun instagram ke profil bisnis. Dengan mendaftarkan ke profil bisnis kalian dapat mengontrol bagaimana perkembangan instagram anda. Setelah didaftarkan profil bisnis akun kalian akan menjadi berbeda dari akun biasanya. Kalian bisa mengontrol perkembangan instagram di fitur "Insight". Kontrol instagram akan muncul setelah akun bisnis kalian diaktifkan selama 7 hari.

2. Rutin Melakukan 5 Hal Pokok Instagram "Upload, Follow, Dm, Like, dan Spam"
Saya menyebutnya 5 hal pokok karena memang hal tersebut merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menarik pengunjung. Kelima hal ini saling berhubungan dalam menarik orang untuk mengunjungi akun online shop kita. Mengapa demikian? karena apabila kamu mengupload sesuatu dan masih belum ada followers maka akan sia-sia oleh karena itu lakukan Follow, Like, Dm, dan Spam sebanyak-banyaknya namun harus dilakukan dengan target yang tepat. 5 hal ini bertujuan untuk memperkenalkan akun online shop kalian ke dunia. 

3. Upload Konten Menarik yang Berhubungan dengan Olshop Kalian
Misalkan online shop kalian tentang kesehatan "Online Shop Herbal" maka kalian harus mengupload semua hal seputar kesehatan. Dapat berupa informasi kesehatan, produk, testimoni, dan lain lainnya. Jangan lupa menyelipkan vidio-vidio hiburan untuk menambah kunjungan kalian. Caption harus sesuai dengan foto atau vidio yang kalian upload. Berikan informasi biodata kalian di caption seperti info (WA, Username ig, Id Line, dll).

4. Perbaiki Biodata di Profil Kalian "Edit Profil"
Gunakan biodata yang tidak bertele tele tapi mewakili isi dari online shop kita. Sertakan link yang merujuk ke WA atau Website kita untuk memudahkan calon pembeli melakukan pemesanan. Buat semenarik mungkin dengan memanfaatkan emoticon yang tersedia atau mengedit font biodata.

5. Upload Menggunakan Hastag
Berikan hastag maksimal 20 sampai 30 hastag. Pastikan hastag yang kalian gunakan berhubungan dengan produk atau jasa yang kalian jual supaya tepat sasaran. Cantumkan hastag di kolom komentar instagram supaya jika ingin merubah tinggal menghapus saja. Diperlukan banyak kumpulan hastag berbeda pada satu kali upload. Misalkan kalian ingin mengupload 5 gambar maka di 5 gambar tersebut hastagnya harus berbeda-beda. Hal ini untuk memaksimalkan fungsi hastag yang kalian gunakan. Dijamin dengan penggunaan hastag akan menambah likers dan followers kalian. Copy Paste Hastag Optimal Klik Disini

6. Upload Tengah Malam "03.00"
Mungkin beberapa dari kalian mendengarnya aneh "upload kok tengah malam". Memang terdengar aneh, tapi setelah saya lakukan rutin hal ini sangat efektif dalam meningkatkan kunjungan profil kalian. Kok bisa? karena memang pada jam jam inilah waktu efektif untuk memperoleh calon pembeli. Istilahnya "Curi start". Pasti sulit untuk menyaingi akun yang followers banyak. Namun, dengan kalian upload tengah malam dan menggunakan tips-tips sebelumnya pasti kalian bisa menyaingi bahkan melebihi akun-akun besar. Jangan lupa uploadnya harus rutin dan tepat waktu setiap hari.

Itu adalah tips-tips awal dari saya yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kalian yang ingin meningkatkan trafik instagram dan meningkatkan penghasilan dari instagram. Nanti akan saya kupas habis tips-tips lain untuk mengembangkan instagram. Jadi, nantikan tips-tips jitu selanjutnya. 





3 Responses to "6 Tips Mudah Optimasi Toko di Instagram [Strategi Tepat Jualan Online]"

  1. Teman saya yang punya toko online juga melakukan hal hal yang sudah dijelaskan diatas dan memang benar terbukti bisa meningkatkan penjualan. Terimamasih informasinya bro.

    ReplyDelete
  2. kalau Hastag itu buat apa yah...? terus...ide postingnya di pukul 03.00, kayaknya sulit di wujudkan, apa bisa diseting jam posting kayak di blogspot, yoh..ayohhhh...kasih pencerahan buat saya....soalnya saya masih deso soal,,instagram... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah kak jadi kegunaan hastag di Instagram yaitu untuk memperbesar peluang promosi kita tanpa bayar kak. Posting pukul 03.00 memang terdengar sulit kak tapi memang efektif sudah saya buktikan sendiri dan memang efektif. memang tidak bisa di setting seperti blog dan solusinya kita yang harus bangun malam.. untuk mendapatkan sesuatu kita harus berkorban terlebih dahulu kak ..:)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel