Autobiografi Singkat Menginspirasi, Pengenalan Penulis Blog

Assalamualaikum Wr.Wb. Bismillah!
Halo semua.. kali ini aku akan membuat contoh teks autobiografi tentang diriku sendiri. Semoga dengan teks ini dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan kalian. Tentunya kali ini aku akan membuatnya sesuai dengan struktur dan pengertian autobiografi. Penulisan ini juga sekaligus untuk memperkenalkan diri saya sebagai penulis Blog Pelajar Berkarya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi...


Untuk memudahkan kalian mencari contohnya disusun daftar isi sebagai berikut :
A. Pengertian Teks Autobiografi
B. Struktur dan Gambar Menarik Autobiografi
C. Contoh Teks Autobiografi 
Langsung saja kita bahas

A. Pengertian Teks Autobiografi



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) autobiografi merupakan riwayat hidup pribadi yang ditulis sendiri. Ini berarti bahwa teks biografi ditulis sendiri oleh tokoh yang akan dijadikan topik biografi. Autobiografi sendiri berasal dari kata "autos" yang berarti sendiri, "bios" yang berarti hidup, dan "graphein" yang berarti menulis. Teks Autobiografi ditulis menggunakan sudut pandang orang pertama karena ditulis sendiri oleh tokoh.

B. Struktur Teks Autobiografi


  1. Orientasi Bagian yang menjelaskan tentang pengenalan tokoh
  2. Peristiwa dan Masalah Peristiwa atau kejadian yang pernah dialami tokoh seperti riwayat pendidikan, prestasi, pengalaman berharga, penjelasan mengenai keluarga, dll.
  3. Reorientasi Pandangan penulis terhadap apa yang telah ia tuliskan ditulis pada bagian reorientasi. Dapat berisi tentang analisis, dan harapan tokoh.
C. Contoh Teks Biografi
Biografi : Mochammad Alwi Hidayat


Saya Mochammad Alwi Hidayat kerap disapa Alwi. Saya dilahirkan di Pasuruan pada tanggal 18 Juni 2002. Sekarang saya berusia 16 tahun dan duduk di bangku SMA tepatnya di kelas 11 jurusan MIPA. Saya lahir dari keluarga sederhana yakni dari pasangan Abd. Shomad dan Zubaedah. Ayah saya bekerja sebagai seorang kuli bangunan dan ibu saya seorang ibu rumah tangga. Namun saya pantang menyerah. Saya bercita-cita menjadi penulis handal dan saya memiliki motto hidup "Make a progress, reach the bright future". Hal inilah yang membuat saya tidak patah semangat dan selalu ingin membuat progres dalam kehidupan.  Saya gemar bernyanyi, bermain badminton, dan hobi yang baru muncul ketika SMA ini yakni kepenulisan.

Pada saat anak-anak saya bersekolah di R.A. Nurul Anwar yang bertempat di desa tempat saya tinggal kemudian melanjutkan pendidikan di SDN Rejosolor II. Disanalah saya mengembangkan diri, mengembangkan potensi yang saya miliki. Bermodalkan Rp. 1.000,00 saya berangkat ke sekolah demi mewujudkan keinginan membahagiakan orang tua. Saya hidup di keluarga yang sederhana hal ini yang membuat saya terus termotivasi untuk mengembangkan kemampuan saya. Jatuh bangun pernah saya rasakan, ejekan demi ejekan pernah didapatkan. Namun ejekan tersebut yang membuat saya menjadi pribadi kuat, dan selalu ingin memperbaiki diri. Satu yang harus dipatenkan dalam diri saya yakni kalimat "I don't care about what anyone think of me, you must do it". Saya melanjutkan pendidikan di SMPN 1 Pasuruan berjarak 6 Km dari rumah. Sekolah saya terletak di daerah sedangkan rumah saya berada di daerah kabupaten sehingga menjadikan saya harus naik transportasi umum disebut "Kol". Terkadang rasa lelah menghampiri saya dan menjadikan semangat saya menurun. Namun, kembali saya berpikir kalau saya menyerah bagaimana dengan orang tua saya. Kemudian, saya bersekolah di SMAN 1 Pasuruan. Disinilah saya belajar banyak tentang kehidupan. Saya mengikuti organisasi KIR yang membuat saya mencintai kepenulisan sehingga saya bisa mendapat penghargaan. Kegagalan kompetisi pertama yang saya ikuti yakni lomba Essai Nasional di UGM membuat saya lebih terpacu untuk mengembangkan bakat saya. Akhirnya saya mengikuti lomba karya tulis tingkat kota/kabupaten dan mendapat juara ketiga. Sedikit yang saya inginkan yaitu saya ingin lebih bermanfaat bagi orang tanpa menyusahkannya.

Semangat untuk mendapatkan kesuksesan perlu diterapkan dalam diri sendiri. Di era modern ini haruslah kita bentengi semangat dalam diri sendiri. Janganlah kita terlena oleh teknologi, oleh harta dan pergaulan. Kita harus tetap fokus untuk mencapai tujuan kita.


Itu tadi autobiografi singkat mengenai saya. Semoga menginspirasi kalian dan menambah pengetahuan kalian. Saran dan komentar sangat dibutuhkan. semoga bermanfaat.

*Salam Pelajar Berkarya*
.
untuk saran bisa langsung dm ig ku wkwkw dan jangan lupa follow @moc.alwihdy atau commentšŸ¤—
.
Wassalamualaikum Wr.Wb

3 Responses to "Autobiografi Singkat Menginspirasi, Pengenalan Penulis Blog"

  1. Mantap bro, saya salut sama semangatmu di dalam tulis menulis, semoga sukses dan tetap semangat dalam ngeblog ya.

    ReplyDelete
  2. Keren nih, ntar saya rubah bio d blog biar lebih bagus kek ini

    ReplyDelete
  3. mantap gan kereenn..semangat terus gan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel